DOSEN PENGABDI UNM GELAR PELATIHAN PENGELOLAAN KELAS DI SMK MUHAMMADIYAH BUNGORO

Pangkep, PTM. 05/06/21. Dosen Pengabdi UNM bekerjasama dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Bungoro Kab. Pangkep Gelar Pelatihan Pengelolaan dan Pengorganisasian Kelas kepada guru-guru di SMK Muhammadiya Bungoro Kamis 05 Juni 2020 secara Virtual dan mengikuti Protokol Kesehatan dalam menghadapai Covid-19.
Ketua Pengabdi dan juga menjabat sebagai Ketua Jurusan Teknik Mesin UNM, Dr. Nurlaela Latief memberikan pelatihan dengan Tema “Pengelolaan dan Pengorganisasian Kelas untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Kegiatan ini bertujuan agar guru mampu menciptakan dan mempertahankan kondisi optimal dalam proses pembelajaran di kelas seperti penetapan norma kelompok, penghentian perilaku peserta didik yang menyeleweng, pemberian ganjaran, penyelesaian tugas oleh peserta didik secara tepat waktu, dan lain-lain. Apalagi dalam kondisi serba terbatas sekarang ini dalam suasana pandemic, kita sebagai guru harus terus berinovasi dalam pengelolaan kelas, baik itu pengelolaan kelas secara langsung maupun secara online.


“Atas Nama pimpinan SMK Muhammadiyah Bungoro mengucapkan banyak terima kasih kepada ibu pemateri atas pelaksanaan seminar daring hari ini karena telah membagi ilmunya kepada guru-guru SMK Muhamnadiyah Bungoro dan sangat membantu demi pengembangan kualitas proses pembelajaran. Guru dan pegawai yang hadir disekolah sebanyak 20 orang dan kami tetap mematuhi Physical Distancing dan menggunakan protocol Kesehatan dalam menghadapi situasi Covid-19”. Ujar Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Bungoro Abd. Rahman Rahmat, S.Ag.
Sumarlin, S.Pd salah satu peserta menuturkan seminar daring tadi yang telah dilaksanakan sangat membantu kami sebagai guru dalam hal pengetahuan tentang pengelolaan kelas dan pengorganisasian kelas. Kami mengucapkan terima kasih kepada ibu atas share ilmunya dan sangat membantu kami tentang sistem pelaksanaan PBM daring dengan banyak permasalahan yg ditemui. Salah satunya adalah kurangnya partisipasi siswa pada saat PBM daring.
Terpisah Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Bapak Prof.Dr. Ir. Bakhrani A. Rauf, MT menyampaikan bahwa Dosen harus mengambil peran dalam kehidupan masyarakat terutama dalam bidang peningkatakan mutu pendidikan meskipun dalam masa pandemi ini, banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mentransfer ilmu dan pengalaman kepada guru-guru. Salah satunya dengan memafaatkan teknologi dan komunikasi yang baik kepada instansi-intasi terkait untuk saling mendukung dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan didaerah tersebut.