Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin UNM Lolos PIMNAS ke 34 Tahun 2021

PTM. 01/10/21. Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) akan segera menyelenggarakan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke 34 tahun 2021. Kegiatan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) merupakan rangkaian kegiatan yang tidak terpisahkan dari pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa yang telah terlaksana. Adapun PIMNAS ke 34 tahun 2021 ini akan bekerja sama dengan Universitas Sumatera Utara sebagai tuan rumah.

Senin, 27 September 2021 kemarin telah diumumkan daftar tim PKM yang dinyatakan lolos PIMNAS ke 34 tahun 2021. Berdasarkan evaluasi dan penilaian yang telah dilaksanakan, terpilih 735 judul peserta lolos PIMNAS 2021.

 
(Dokumentasi Tim PKM-PM Briket saat presentase secara online)

Khusus Universitas Negeri Makassar meloloskan 11 tim ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-34 tahun 2021 sekaligus menempati peringkat kesepuluh secara nasional dari sisi jumlah tim yang lolos sebagai peserta pimnas. Informasi itu tertuang dalam Surat Keputusan Kepala Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia Nomor 2200/J3/KM.02.13/2021 tentang Pengumuman dan Undangan Peserta Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-34 tahun 2021 tertanggal 28 September 2021.

Salah satu tim PKM dari Universitas Negeri Makassar yang lolos untuk berkompetisi di tingkat nasional pada ajang PIMNAS tahun ini ialah tim PKM PM yang diketuai mahasiswa dari Jurusan Pendidikan Teknik Mesin dengan judul “Pemanfaatan Batu Bara Muda dan Kulit Kacang Tanah menjadi Briket oleh Kelompok Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Lanne.”

Tim ini terdiri dari Samsul Fajri (Prodi Pendidikan Teknik Mesin Angkatan 2018) sebagai ketua tim, Miftahul Rizky (Prodi Pendidikan Kimia Angkatan 2018), Ersa Rana (Prodi Pendidikan Biologi Angkatan 2018), dan Supardi (Prodi Pendidikan Teknologi Pertanian 2019).

Dosen pembimbing, Ir Muhammad Hasim menyambut gembira capaian yang diraih oleh mahasiswa bimbingannya dia juga memberikan motivasi di mana kemenangan bukan prioritas utama dalam suatu perlombaan, tapi yang utama adalah bisa dijadikan pengalaman dan motivasi diri.

“Selamat atas capaian kita, jaga semangat dan kekompakan, target sudah kita capai semoga di PIMNAS kita bisa berikan yang terbaik dan mendapat medali” ujarnya.

Tak hanya itu, salah satu anggota tim tidak menyangka akan sampai pada tahap ini. “Alhamdulillah, kami sangat bersyukur untuk pencapaian ini kedepannya kami harus lebih giat dan mempersiapkan diri untuk ajang PIMNAS yang akan berlangsung 26–30 Oktober 2021 secara daring nantinya,” ujar Miftahul Rizky.