Program Kemitraan Masyarakat, Dosen PTM FT UNM Melaksanakan Pelatihan Pengelasan SMAW pada Kelompok Pemuda Mambu di Sulawesi Barat

Dosen  Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar melaksanakan kegiatan Pelatihan Pengelasan SMAW pada Kelompok Pemuda di Desa Mambu Kecamatan Luyo Sulawesi Barat. Rangkaian Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, 24 – 26 Juni 2022.

Dosen-dosen PTM FT UNM memberikan materi pelatihan terkait materi pengelasan SMAW (Hari ke-1); kemudian memberikan tutorial dan pelatihan mengenai pengelasan SMAW (Hari ke-2), Dan diakhir kegiatan dosen-dosen melakukan Evaluasi dari hasil pelatihan pengelasan SMAW (Hari Ke-3). Dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat ini, para dosen-dosen berupaya menyelaraskan dan mensinkronkan kebutuhan masyarakat, dalam hal ini kebutuhan pemuda-pemuda yang berada pada desa mambu.

Seperti  yang  disampaikan  oleh  Ketua  Pelaksana  yaitu  Bapak Dr. Ir. Samnur, S.T., M.T. IPM.  bahwa “ Kegiatan pelatihan pengelasan SMAW ini merupakan salah satu bentuk implementasi tridharma perguruan tinggi dan juga sebagai dedikasi kami kepada masyarakat Sulawesi Barat, khususnya Pemuda-Pemuda Mambu. Adapun Tujuan dari kegiatan ini, tidak lain untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat/pemuda mambu dalam memenuhi kebutuhan mereka.

Hasil dari kegiatan yang diperoleh menunjukan bahwa seluruh pemuda-pemuda mambu sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pelatihan ini, mereka berpendapat bahwa baru pertama kali ini kegiatan pengabdian masyarakat yang ada, sangat bagus, bermanfaat, dan baik dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Pemuda mambu, sangat berharap, semoga dilain kesempatan, kegiatan ini masih ada di desa kami. Tidak lupa, sebagai apresiasi untuk mitra dan 3 peserta terpilih yang mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat ini, telah dibagikan plakat dan doorprize untuk kenang-kenangan dan sebagai tanda ucapan terima kasih. Kemudian seluruh peserta juga telah mendapatkan modul tutorial materi dan e-certificate.